Tak Lolos Verifikasi ISL, Persiwa dan Persik Tetap Mendapat Hak KomersilKontakPerkasa Futures, Meski telah dinyatakan tidak layak untuk mengarungi musim kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015, Persiwa Wamena dan Persik Kediri tetap mendapatkan hak komersial dari PT. Liga Indonesia

Hal itu diungkapkan CEO PT LI, Joko Driyono, usai melakoni rapat pleno di Kantor PT Liga Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (12/1/2015). Ia mengatakan, status dari dua klub itu tidak penuh keluar dari ISL.

Joko mengatakan, Persik dan Persiwa tetap akan mendapatkan hak pemasukan klub yang berasal dari hak komersial sebesar Rp 2- Rp 2,5 miliar walau tidak bermain di kompetisi level teratas tersebut.

“Kami mengusulkan di forum Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) nanti sekalipun mereka (Persiwa dan Persik) tidak kompetisi, tapi RUPS dimohonkan menyetujui proposal liga bahwa yang bersangkutan keduanya mendapatkan haknya sebagai klub ISL, tapi tidak boleh berkompetisi,” kata Joko.

“Kami respek dan (menaruh) apresiasi terhadap pencapaian dari aspek keolahragaannya. Tetapi karena ini menyangkut profesionalisme kami ingin mem-protect kesulitan tidak hanya di liga, tapi juga yang bersangkutan untuk tidak mengalami kesulitan ke depan, maka harus dilihat dari kaca mata besarnya bahwa ini adalah hal yang alamiah up and down dari sebuah klub.”

“Sehingga, kami balance terhadap klub-klub tadi. Jika RUPS menyetujui, dan kami sangat fight agar itu dipenuhi, maka mereka akan mendapatkan haknya.”

“Kalau RUPS memutuskan hak komersial bagi klub-klub tadi itu Rp 2 miliar, maka itu yang diterima. Jika Rp 2,5 miliar diterima, (itu juga) bisa saja,” ucap Joko.

PT Liga sendiri sudah melakukan pendataan kepada 20 klub untuk diperiksa kondisi finansialnya sejak 23 Desember lalu. Dari data yang telah didapat, Liga akhirnya memutuskan hanya 12 klub saja yang lolos verifikasi awal. Sementara 6 lainnya masih perlu pendataan mendalam.

Status Persik dan Persiwa sendiri masih menunggu keputusan PSSI, apakah diistirahatkan atau diturunkan ke Divisi Utama. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.