PT KONTAK PERKASA FUTURES – Liverpool sukses mematahkan rekor buruk mereka di markas Chelsea pada musim lalu. Mampukah ‘Si Merah’ melakukannya lagi pada Jumat (16/9/2016) malam?

Liverpool akan menantang Chelsea di Stamford Bridge pada pekan kelima Premier League 2016-17. Pasukan ‘merah’ Merseyside sedang berupaya mempertahankan konsistensinya di liga dengan tidak terkalahkan dalam dua laga beruntun.

Di seberang kubu, Chelsea mengarungi musim ini lebih mulus. The Blues sukses meraup tiga kemenangan dan hanya sekali imbang, ketika disandung Swansea City 2-2 pada pekan keempat.

Meski begitu, Liverpool memperlihatkan daya saingnya di musim ini setelah berhasil mengalahkan rival-rivalnya. Di pekan pertama, pasukan Merseyside ‘merah’ ini mempecundangi Arsenal 4-3, kemudian menggasak sang juara bertahan Leicester City 4-1.

Chelsea hanya sekali kalah dari Liverpool sejak takluk 1-4 di Anfield pada empat tahun silam. Kekalahan itu terjadi di kandang sendiri dengan skor 1-3, pada Oktober 2015.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan Chelsea vs Liverpool, sebagaimana dirangkum Opta:

– Juergen Klopp mencatatkan kemenanganPremier League pertamanya melawan Chelsea di Stamford Bridge, Oktober 2015

– Chelsea hanya kalah sekali pada hari Jumat di Premier League, saat dibekap Charlton Athletic 2-4 di Desember 2003 [menang 2, seri 3].

– Liverpool telah memenangi empat dari lima pertandingan terakhir Premier League yang dimainkan hari Jumat, kekalahan itu terjadi saat melawan Arsenal pada April 2004.

– Diego Costa telah mencetak lima gol dalam lima penampilan terakhirnya di Premier League, termasuk empat gol dalam empat penampilan di bawah arahan Antonio Conte di musim ini.

– The Reds mencetak lebih banyak gol Premier League di 2016 daripada tim manapun [50], dengan 24 gol di antaranya lahir di kandang sendiri — jumlah yang sama dengan Tottenham.

– Chelsea cuma mencetak satu clean sheet dari 14 laga kandang terakhirnya. Clean sheet terakhirnya terjadi ketika mengalahkan Burnley 3-0.

– The Blues memenangi dua laga kandang terakhir mereka — mereka belum bisa membuat tiga kemenangan kandang beruntun sejak Mei 2015, saat memastikan titel juara Premier League melawan Crystal Palace.

– Tim Jurgen Klopp selalu kebobolan di delapan laga tandang terakhir Premier League. Terakhir kali Liverpool kebobolan di sembilan laga tandang terakhirnya terjadi pada Mei 2005.

– Antonio Conte tidak terkalahkan dalam 30 laga kandang liga terakhirnya sebagai manajer [menang 28, seri 2] — kekalahan kandang terakhirnya di liga terjadi di Januari 2013 saat Juventus melawan Sampdoria. Dia sudah memenangi 21 laga kandang terakhir sebagai manajer.

– Ini akan menjadi pertemuan ke-53 kedua klub di seluruh kompetisi pada abad ini, lebih dari pertandingan manapun di sepakbola Inggris.

– Chelsea hanya membiarkan lawan-lawannya mencetak tujuh shot on target di empat pertandingan Premier League sejauh ini, tapi mereka juga kebobolan empat gol dari situ. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES