Tembus Rp 16,2 T, Premier League Catat Rekor BelanjaJakarta – Aktivitas belanja klub-klub Premier League di bursa transfer musim panas ini melibatkan jumlah uang yang fantastis. Pengeluaran mereka untuk belanja pemain diklaim memecahkan rekor baru di Premier League.

Menurut data yang dirangkum oleh analis finansial Deloitte dan dilansir oleh BBC, total pengeluaran klub-klub Premier League untuk belanja di bursa transfer musim panas ini mencapai 835 juta poundsterling (Rp 16,2 triliun). Jumlah itu 200 juta pounds lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2013 lalu (630 juta pounds).

Rekor pengeluaran klub-klub Premier League itu sebenarnya sudah pecah sejak 14 Agustus lalu atau beberapa hari jelang bergulirnya liga. Saat itu, belanja klub-klub Premier League diperkirakan sudah mencapai angka 647 juta pounds atau 17 juta pounds lebih banyak daripada musim lalu.

Manchester United yang tengah berupaya untuk membangun kembali skuatnya di bawah arahan Louis van Gaal menjadi klub dengan pengeluaran terbesar. ‘Setan Merah’ total menggelontorkan dana sampai 150 juta pounds (Rp 2,9 triliun) untuk mendatangkan enam pemain.

Angel Di Maria yang diboyong dari Real Madrid dengan dana sebesar 59,7 juta pounds menjadi pembelian termahal MU. Nilai tersebut juga menjadikan Di Maria sebagai rekrutan termahal di tanah Inggris.

Menyusul di belakang MU, ada Liverpool yang membelanjakan 117 juta pounds untuk mendatangkan sembilan pemain. Adam Lallana menjadi pembelian termahal dengan nilai transfer 25 juta pounds, disusul oleh Dejan Lovren (20 juta pounds) dan Lazar Markovic (19,8 juta pounds).

Sementara itu, Cheslea menghabiskan dana sebesar 91,3 juta pounds untuk belanja lima pemain. Pengeluaran terbesar digunakan untuk menggaet Diego Costa dari Atletico Madrid (32 juta pounds) dan kemudian disusul oleh Cesc Fabregas (27 juta pounds) dan Flipe Luis (15,8 juta pounds).

“Bursa transfer musim panas ini kembali menjadi salah satu rekor belanja lebih dari bursa transfer sebelumnya. Musim panas ini juga mencatat pengeluaran tertinggi di satu bursa transfer oleh satu klub Premier League dan rekor transfer baru untuk pemain di sepakbola Inggris (Angel Di Maria),” sahut Dan Jones dari Deloitte seperti dikutip Guardian.

Pengeluaran klub-klub Premier League berdasarkan musim:

Musim Pengeluaran 
 2014/2015  835 juta pounds
 2013/2014  630 juta pounds
 2012/2013  490 juta pounds
Transfer termahal Premier League musim panas 2014/2015:

Nama Pemain Dari – Ke Nilai Transfer
 Angel Di Maria  Real Madrid – Manchester United  59,7 juta pounds
 Alexis Sanchez  Barcelona – Arsenal  35 juta pounds
 Diego Costa  Atletico Madrid – Chelsea  32 juta pounds
 Eliaquim Mangala  FC Porto – Manchester City  32 juta pounds
 Cesc Fabregas  Barcelona – Chelsea  30 juta pounds
 Ander Herrera  Athletic Bilbao – Manchester United  29 juta pounds
 Romelu Lukaku  Chelsea – Everton  28 juta pounds
 Luke Shaw  Southampton – Manchester United  27 juta pounds
 Adam Lallana  Southampton – Liverpool  25 juta pounds
 Dejan Lovren  Southampton – Liverpool  20 juta pounds
 Lazar Markovic  Benfica – Liverpool  20 juta pounds

Artikel: kontakperkasa futures.