Tengok Keunikan Motor 'Alien' yang Baru Diluncurkan Honda KontakPerkasa Futures, Honda NM4 Vultus resmi meluncur di Indonesia, Rabu 10 Juni 2015 kemarin. Motor ini diluncurkan bersama lima big bike, atau motor gede lainnya oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Nusa Dua, Bali.

Di antara enam moge yang diluncurkan Honda, Vultus memang pantas mendapat perhatian khusus. Bagaimana tidak, motor ini punya bentuk paling unik dibanding kelima model lainnya.

Dibilang sportbike, gayanya justru lebih mirip dengan skuter matik (skutik). Namun, dibilang skutik juga kurang tepat, karena motor ini dapat dioperasikan secara manual-clutch. Sebab, dilengkapi Dual Clutch Transmission (DTC).

Menengok sejarah, Honda NM4 merupakan saudara jauh dari Honda CTX700 & NC700X yang memang sama-sama didesain aneh dan unik. Hanya saja Vultus dibuat lebih futuristik bak kendaraan alien.

Keunikan NM4 Vultus ini juga dibenarkan Koji Sugita, selaku direktur marketing Astra Honda Motor. “Motor ini juga pantas mendapat perhatian khusus, karena sangat unik,” kata Koji.

Hal senada juga diungkapkan Harsanindhitya, Project Leader Big Bike AHM. Menurutnya, Vultus merupakan kendaraan yang sangat unik yang memiliki cita rasa masa depan, praktis, dan mudah dikendarai.

“Tema kendaraan ini cool, atau keren karena sangat unik, futuristik, dan kredibel,” kata Harsanindhitya, saat peluncuran enam big bike Honda di Nusa Dua, Bali kemarin.
Bagaimana dengan fitur kendaraan yang pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show pada 2013 ini? Motor besar ini menggunakan mesin SOHC 750cc pararel-twin silinder dengan pendinginan cairan. Dengan mesin ini, Vultus dapat menyemburkan tenaga maksimum 40,3 kW per 6.250 rpm dan torsi 68 Nm per 4.750 rpm.

Fitur Dual-Clutch Transmission (DCT) sendiri memungkinkan motor ini dapat dioperasikan secara otomatis layaknya skuter ataupun manual layaknya sportbike. Motor ini punya dua mode, yakni D (drive) dan S (Sport) plus opsi enam percepatan manual.

Tak hanya itu, teknologi DCT ini juga membuat motor lebih responsif dan halus saat dilakukan perpindahan gigi. Motor bongsor ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,5 detik.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Motor ini terbilang sangat irit untuk kapasitas mesin yang sangat besar. Kendaraan yang memiliki tangki bahan bakar 11,6 liter ini mampu menempuh jarak 28,4 km untuk konsumsi bahan bakar 1 liter (mode D).

Fitur menarik lainnya juga tertanam di motor ini, seperti sistem suspensi belakang Pro-Link yang menyatu dengan Honda Multi Action System (HMAS), serta sistem pengereman Assist Brake System (ABS).

Lampu depan, belakang, sein, hingga panel meter juga telah menggunakan LED. Menariknya, panel meter dapat diganti-ganti warna sesuai selera, di mana terdapat total 24 pilihan warna berbeda.

Untuk harga, NM4 Vultus dibanderol Honda senilai Rp435 juta dengan pilihan warna hanya tersedia Mat Ballistic Black Metallic. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.