Tentang Debutan-Debutan Piala Eropa KontakPerkasa Futures, Musim panas ini Albania, Irlandia Utara, Islandia, Slovakia, dan Wales akan tampil untuk kali pertama di Piala Eropa. Bagaimana peluang mereka?

Irlandia Utara, Slovakia, dan Wales, sebelum ini pernah tampil di Piala Dunia. Sementara buat Albania dan Islandia, ini murni menjadi turnamen besar pertama dalam sejarahnya.

Dengan status debutan, kelima tim itu niscaya tidak terlalu diperhitungkan. Tetapi jangan lupakan pula bahwa setiap turnamen besar acapkali memunculkan kuda-kuda hitam macam Denmark di 1992 atau Yunani di 2004. Apalagi baru di musim 2015-16 ini ada Leicester City yang di luar dugaan menjuarai Premier League dan boleh jadi akan memotivasi tim-tim underdog di Piala Eropa.

Albania (peringkat FIFA 42)

Total 28 tembakan dilepaskan Albania dalam fase kualifikasi lalu, yang dicatat BBC sebagai sebuah jumlah paling rendah di antara tim-tim lain yang lolos ke Euro 2016.

Jumlah itu juga cuma unggul satu saja dari torehan Gibraltar yang menyudahi fase kualifikasi tanpa poin dan selisih gol -54 untuk menjadi juru kunci Grup D (fase kualifikasi).

Pun demikian, Albania lolos ke putaran final Piala Eropa dengan menjadi runner-up Grup I di bawah Portugal, setelah mengangkangi tim-tim yang lebih top macam Denmark dan Serbia.

Albania kini akan menempati Grup A bersama tuan rumah Prancis, Rumania, dan Swiss. Laga pertama dijalani Albania dengan menghadapi Swiss pada 11 Juni.

Slovakia (peringkat FIFA 24)

Slovakia sempat mengakhiri rentetan laju tidak terkalahkan Spanyol di kualifikasi Piala Dunia atau Piala Eropa pada Oktober 2014 lalu. Saat itu Slovakia, yang menjalani partai keduanya di fase kualifikasi Grup C, menang 2-1.

BBC juga mencatat bahwa gelandang Slovakia Vladimir Weiss, yang mengawali karier di Manchester City dan kini bermain untuk Al-Gharafa di Qatar Stars League, membukukan enam assist di fase kualifikasi–sebuah jumlah tertinggi bersama dua pemain lain.

Nama Negara Assist
Vladimir Weiss Slovakia Enam
Arkadiusz Milik Poland Enam
Eran Zahavi Israel Enam
Xherdan Shaqiri Switzerland Lima

Slovakia kini tergabung di Grup B bersama Inggris, Rusia, dan Wales. Slovakia akan menjalani partai pertama dengan menghadapi Wales pada 11 Juni.

Wales (peringkat FIFA 26)

Di fase kualifikasi lalu Wales menempati Grup B dan kemudian lolos sebagai runner-up di bawah Belgia. Di Euro 2016, Wales juga menempati Grup B bersama Inggris, Rusia, dan sesama debutan Slovakia.

Di Prancis musim panas ini, Wales niscaya akan banyak mengandalkan Gareth Bales yang juga merupakan bintang Real Madrid. Statistik memperlihatkan Bale memang layak jadi tumpuan Wales.

Dalam catatan BBC, Bale mencetak 64% dari 11 gol Wales dalam kualifikasi. Jumlah itu merupakan sebuah proporsi paling tinggi dari seorang pemain dari tim-tim yang lolos ke Prancis.

Di posisi kedua ada Zlatan Ibrahimovic (58% untuk Swedia), Cristiano Ronaldo (46% buat Portugal), Artem Dzyuba (44% untuk Rusia), dan Kyle Lafferty (44% buat Irlandia Utara).

Irlandia Utara (peringkat FIFA 25)

Irlandia Utara lolos ke putaran final setelah melewati fase kualifikasi secara impresif; juara grup dan cuma kalah sekali. Grup itu di antaranya juga dihuni Rumania, Hongaria, Finlandia, dan Yunani.

Selain itu, sebut BBC, Irlandia Utara juga menghadapi turnamen ini dengan performa impresif. “Mereka sedang menjalani rentetan tak terkalahkan terpanjang di antara tim-tim peserta Euro 2016 lain–12 pertandingan”.

Irlandia Utara akan menempati Grup C di Piala Eropa 2016, bersama Jerman, Polandia, dan Ukraina. Polandia akan menjadi lawan pertama pada 12 Juni.

Islandia (peringkat FIFA 34)

Islandia melewati fase kualifikasi dengan fantastis (enam kemenangan, dua seri, dan dua kekalahan dari 10 laga). Yang menarik, kemenangan-kemenangan itu di antaranya dicatatkan atas Turki (3-0 di kandang), Republik Ceko (2-1 di kandang), dan dua kali atas Belanda (2-0 di kandang dan 1-0 di tandang).

Islandia pada prosesnya lolos sebagai runner-up grup, melampaui Turki dan Belanda, serta juga cuma terpaut dua angka saja dari Republik Ceko di puncak klasemen.

Dengan populasi negara cuma 330 ribu orang, Islandia juga disebut BBC sebagai negara terkecil yang lolos ke sebuah putaran final Piala Eropa atau Piala Dunia.

Islandia akan menempati Grup F di putaran final Euro 2016 bersama Portugal, Austria, dan Hongaria. Portugal menjadi lawan pertama pada 14 Juni. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.