PT KONTAK PERKASA FUTURES – Barcelona mengawali usahanya mempertahankan titel La Liga dengan mantap. Ada sejumlah statistik yang mengiringi langkah pertama Barca di musim baru itu.

Real Betis menjadi lawan pertama Barca di La Liga 2016-17. Di Camp Nou, Minggu (21/8/2016) dinihari WIB, Barca melumat lawannya itu dengan skor 6-2.

Luis Suarez, topskorer La Liga musim lalu, mencatatkan hat-trick. Lionel Messi mencetak dua gol, sedangkan satu gol Blaugrana lainnya dibuat oleh Arda Turan.

Hasil dalam partai itu juga menjadi satu dari dua skor paling mencolok di jornada pertama, dengan kemenangan Sevilla atas Espanyol (6-4) menjadi skor mencolok lainnya–walaupun masih ada partai Celta Vigo vs Leganes dan Valencia vs Las Palmas.

Berikut statistik dalam partai tersebut seperti dirangkum FCBarcelona.com.

– Messi mencetak dua gol. Dalam lima musim sebelum ini, ia juga mencetak sepasang gol di jornada pertama pada empat musim di antaranya (2014-15, 2013-14, 2012-13, 2011-12, alias terkecuali musim lalu saat Barca menang 1-0 atas Athletic Bilbao).

– Messi mencetak sepasang gol lagi sejak kali terakhir melakukannya lawan Eibar, dalam kemenangan 4-0, pada 6 Maret lalu.

– Suarez mencetak tiga gol. Ia sudah rutin mencetak gol untuk Barca dalam enam partai beruntun La Liga–sejak akhir musim lalu. Suarez menyudahi musim 2015-16 dengan 15 gol dalam lima jornada terakhir.

– Suarez mengawali musim ini persis seperti ketika menutup musim lalu, yakni dengan membuat tiga gol.

– Arda juga melanjutkan performa impresif. Ia membuat satu gol dan satu assist atas Real Betis, melanjutkan sepasang gol yang ia buat ke gawang Sevilla di ajang Piala Super Spanyol pada tengah pekan lalu.

– Gol Ruben Castro untuk Sevilla dari tendangan bebas menyudahi rentetan tidak kebobolan Barca selama delapan pertandingan kompetitif terakhir (lima partai La Liga, final Copa del Rey, dan dua leg Piala Super Spanyol).

– Barca sudah berhadapan dengan lawan dari Andalusia di lima partai resmi terakhir, dengan kesemuanya berujung kemenangan: Granada akhir musim lalu (3-0), Sevilla di final Copa del Rey (2-0), dua leg Piala Super Spanyol lawan Sevilla (2-0 dan 3-0), dan Betis.

– Tiga dari empat pemain yang baru direkrut musim panas ini menjalani debutnya: Denis Suarez dan Samuel Umtiti main dari menit awal, sedangkan Lucas Digne masih sebagai pemain pengganti. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES