Ternyata Nama Seseorang Berhubungan dengan Tempat Orang Berkarir KontakPerkasa Futures, Ada petuah yang mengatakan, apalah arti sebuah nama. Namun, menurut sebuah penelitian, sebuah nama ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar dan bisa menentukan keputusan terpenting bagi kehidupan anak di masa depan.

Uniknya, sebuah nama bisa mempengaruhi pilihan lingkungan tempat tinggal, profesi yang dijalani, hingga pasangan hidup. Isu ini digolongkan sebagai fenomena psikologis yang disebut sebagai emosi tersirat.

Pengaruh dan kekuatan nama ini telah ditayangkan pada tayangan PBS Digital Studio’s BrainCraft yang bertajuk The Bizarre Ways Your Name Affect Your Behavior.

Pembawa acara BrainCraft sekaligus jurnalis sains, Vanesa Hill, mengatakan, “Kita menulis nama kita beribu-ribu kali dalam hidup kita. Tiap saat kita mengekspos sesuatu, seperti halnya huruf tersebut, maka kita akan selalu lebih menyukainya lagi,” ujar Hill.

Jadi, lewat penelitian ini menunjukan bahwa setiap orang memiliki kecenderungan untuk berhadapan dan berhubungan dengan segala sesuatu yang memiliki keterkaitan pada dirinya sendiri.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology ini, menguraikan bahwa orang-orang biasanya akan memilih sesuatu yang berkaitan dengan dirinya, tak terkecuali nama dari seseorang. Hal ini sering kali tidak disadari.

Penelitian lain dari State University of New York di Buffalo juga memberikan beberapa contoh kasus. Salah satunya, seseorang biasanya akan lebih suka tinggal di lingkungan yang mengingatkannya akan nama pertama atau terakhirnya.

Kemudian, orang-orang juga biasanya akan memilih karir atau pendidikan sesuai dengan huruf yang mengingatkan akan nama mereka.

“Tetapi dari semuanya, kami menemukan bahwa orang biasanya tertarik dengan orang yang memiliki nama hampir mirip dengan milik mereka,” ujar peneliti. Hal ini bukan hanya berpengaruh pada pilihan pasangan hidup, melainkan juga pada kandidat politik seperti nama kandidat presiden.

Jika Anda sedang akan memilih nama bayi Anda, maka tak ada salahnya memilih dengan sangat bijak.

“Nama yang kamu berikan pada anakmu, sebenarnya mengandung harapan Anda sebagai orangtua untuk anak. Nama adalah jalan untuk membangun anak berhadapan dengan dunia dan memberi citra bagi diri mereka sendiri,” ujar Pamela Redmon Satran, penulis pilihan nama-nama bayi di situs Nameberry. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.