Tes F1 dengan Manor, Ini Catatan Waktu Rio Haryanto KontakPerkasa Futures, Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, baru saja selesai menjalani tes F1 dengan tim Manor. Pada tes yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rio melahap 56 lap.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rio kini memang fokus total untuk menjalani persiapan balapan tahun depan, termasuk menjajal kemungkinan membalap di Formula 1. Usai menuntaskan musim balapan GP2 2015, ia mendapatkan kesempatan tes menggunakan mobil F1 bersama Manor, Selasa (1/12) waktu setempat.

Rio melakoni tes bersama development driver milik Manor, Jordan King. Sama seperti Rio, King juga membalap di GP2 musim ini. Manor pun menyatakan, mereka terus memantau perkembangan Rio dan King selama GP2 musim ini berjalan.

Dalam tes tersebut, Rio menyetir mobil MR03B dengan mesin Ferrari. Ia juga menjajal ban Pirelli yang akan digunakan F1 pada musim 2016.

“Rio tampil pada sesi pagi, melahap 56 lap dan menorehkan catatan waktu tercepat 1:49,593 detik,” demikian pernyataan Manor di akun Facebook resmi mereka.

“Jordan, yang pertama kali dalam kariernya mengendarai mobil Formula 1, menjalani tes pada sore hari dan melahap 59 lap. Catatan waktu terbaiknya adalah 1:49,661 detik, yang mana cukup impresif mengingat ini adalah pertama kalinya mengendarai mobil F1.”

Rio mengakhiri GP2 musim ini dengan berada di posisi keempat klasemen. Pebalap yang membela Campos Racing itu mengumpulkan 138 poin. Dia ada di bawah Stoffel Vandoorne (341,5 poin), Alexander Rossi (181,5 poin), dan Sergey Sirotkin (139 poin).

Selama membalap di GP2, tahun ini adalah tahun terbaik Rio. Ia lima kali naik podium di sepanjang musim 2015, di mana pada tiga seri di antaranya, yakni di Bahrain, Austria, dan Inggris, pebalap kelahiran Solo itu sukses jadi pemenang.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.