PT KONTAK PERKASA FUTURESSouthampton di Piala Liga Inggris musim ini memang luar biasa. The Saints ke final dengan menyingkirkan tim-tim Premier League dan tak kebobolan sama sekali.

Perjalanan Southampton dimulai di babak ketiga saat mereka menyingkirkan Crystal Palace dengan skor 2-0. Penalti Charlie Austin dan Jake Hesketh menentukan kemenangan Southampton.

Di babak keempat Southampton harus susah payah menyingkirkan Sunderland lewat kemenangan tipis 1-0 berkat gol Sofiane Boufal.

Berlanjut di babak kelima atau perempatfinal, laju Southampton juga tak mampu diadang Arsenal yang merupakan salah satu favorit juara. Meski bermain di Emirates Stadium, anak asuh Claude Puel itu menang dua gol tanpa balas lewat Jordie Clasie dan Ryan Bertrand.

Satu lagi raksasa mengadang Southampton di semifinal yakni Liverpool merupakan finalis musim lalu. Berstatus sebagai underdog, Southampton malah menang 1-0 di dua leg semifinal atas Liverpool dan lolos ke partai puncak.

Bagi Southampton ini adalah final keduanya di kompetisi ini setelah pertama kali di 1979 yang berujung kekalahan dari Nottingham Forest, sekaligus juga final pertama Southampton di seluruh ajang setelah kali terakhir di Piala FA 2003.

Keberhasilan Southampton melaju ke final juga berkat kekokohan barisan belakang mereka yang tak sekalipun kebobolan sejak babak ketiga – kali pertama terjadi di kompetisi ini -. Lebih hebatnya lagi tim-tim yang dikalahkan Southampton semuanya berasal dari Premier League.

“Ini kemenangan yang penting, kami semakin berkembang dari musim ke musim sejak saya di sini tapi saya sudah lama menunggu kesempatan tampil di final. Di laga pertama kami harusnya sudah bisa lolos. Kami berkesempatan lolos dan membuat sejarah,” ujar kapten Southampton Steven Davis seperti dilansir BBC.

“Saya merasa sudah bisa menepis bola itu tapi akhirnya saya terselamatkan. Beruntung bola itu tidak masuk dan kami memanfaatkannya. Kami tampil bagus di dua leg, kami menciptakan banyak peluang,” timpal kiper Fraser Forster yang melakukan penyelamatan gemilang di babak kedua atas tembakan Emre Can.

Southampton kini tinggal menunggu pemenangan antara Manchester United dan Hull City di leg kedua semifinal yang dihelat di KC Stadium, Jumat (27/1/2017) dinihari WIB nanti. MU menang 2-0 di leg pertama. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES