Timnas U-19 Batal Ikut Turnamen di Spanyol, Ini Tanggapan Indra SjafriJakarta – Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri tak terlalu mempermasalahkan pembatalan partisipasi timnya di turnamen COTIF oleh PSSI. Bagi Indra, yang paling penting adalah ada jadwal ujicoba untuk timnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI memutuskan untuk tidak mengirimkan timnas U-19 ke turnamen Torneo Internacional de Futbol Sub-20 de L’Alcudia– yang biasa disebut COTIF– di Valencia, bulan Agustus mendatang. PSSI memilih untuk menerjunkan timnas U-21 ke turnamen tersebut.

Untuk timnas U-19, PSSI akan mengirim mereka ke turnamen lainnya, yaitu Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) di Brunei Darussalam. PSSI beralasan HBT akan lebih bermanfaat untuk timnas U-19.

“Bagi saya, yang terpenting adalah tim ada jadwal ujicoba di periode Agustus itu,” kata Indra saat dihubungi, Jumat (25/7/2014).

“Saya tidak mau terjebak dengan lawan-lawan yang ada. Kami belum tahu apakah di COTIF juga tim-tim terbaik. Saya tidak bisa mengukur kualitas tim-tim lawan. Mungkin saja di HBT lebih kuat. Karena di sana, pemain-pemainnya U-21 dan pemain senior,” lanjutnya.

Indra menegaskan, tujuan utama timnya menjalani banyak ujicoba adalah untuk persiapan Piala Asia U-19. Dia berharap para pemainnya mencapai puncak performa di turnamen yang digelar di Myanmar, bulan Oktober mendatang, itu.

“Semua yang kami lakukan adalah untuk menghadapi Piala Asia U-19. Itu yang menjadi target kami,” kata pelatih asal Sumatera Barat itu.

Sebagai informasi, tim-tim yang tampil di turnamen COTIF antara lain Argentina U-20, Mauritania U-20, Barcelona U-20, dan Arab Saudi U-20. Sementara itu, di turnamen HBT timnas U-19 akan melawan tim-tim dari Asia Tenggara.

Artikel: kontakperkasa futures.