Tips  5 Langkah Backup Data Games di Android dengan HeliumKontakPerkasa Futures, Mungkin seringkali Anda angkat tangan jika menemukan kasus ‘memory full’ pada Android dan perlu memperbesar kapasitas memori eksternal sementara hati tidak rela untuk menghapus games mengingat level yang telah dicapai. Maka sudah saatnya Anda memerlukan bantuan aplikasi Helium. Aplikasi gratis ini dapat melakukan backup atau pencadangan data aplikasi atau games hanya dengan 5 langkah mudah.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi Helium ke ponsel pintar atau tablet Android dari Google Play Store dan install Helium Desktop Installer di PC/Laptop.

Helium 1

2. Buka kedua aplikasi baik yang berada di ponsel/tablet dan yang ada di PC/laptop, kemudian hubungkan kedua perangkat dengan USB. Pada layar akan muncul pertanyaan apakah Anda akan mengizinkan USB debug. Sebagai informasi hal ini diperlukan untuk mengirim backup data ke PC/Laptop. Jadi pastikan klik ‘OK’ untuk melanjutkan proses backup. Proses selanjutnya biasanya Anda akan langsung diarahkan pada menu yang diperlukan. Jika tidak maka cari Setting > pilih Developer Option > cari USB Debugging.

Helium 2

3. Jika langkah kedua berjalan dengan baik, maka pada aplikasi Helium di ponsel/tablet akan muncul daftar semua aplikasi yang terpasang di dalamnya. Selanjutnya Anda tinggal memilih aplikasi yang ingin dicadangkan dengan mengklik kotak pada nama aplikasi untuk mencentangnya. Jika memilih ‘App Data Only’ (pada bagian bawah layar) maka yang tercadangkan hanyalah datanya saja, dan bukan aplikasi/game-nya. Itu artinya data yang dicadangkan akan lebih kecil dan Anda harus memasang kembali aplikasi/game dari Google Play Store. Misalkan pilih aplikasi ‘Bad Piggies’ dan centang bagian ‘App Data Only’ itu artinya hanya data saja yang tersimpan sementara aplikasinya itu sendiri tidak.

Helium 3

4. Pilih tujuan data dengan klik ‘USB Storage’. Jangan salah memilih, karena 3 tujuan lain seperti yaitu Schedule Backup, Dropbox dan Google Drive hanya berlaku untuk aplikasi Helium versi premium, bukan untuk versi gratis. Selanjutnya Anda bisa menghapus game Bad Piggies dari ponsel pintar / tablet Android.

Helium 4

5. Jika telah mendownload kembali aplikasi Bad Piggies ke ponsel/tablet Android dari Google Play Store maka yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan Android ke komputer dengan membuka aplikasi Helium di kedua perangkat. Klik tab ‘Restore and Sync’ > USB Storage > Buka folder untuk menyimpan data ketika backup sebelumnya lalu ‘restore’. Data game yang sesuai akan masuk kembali dan Anda bisa meneruskan level yang tertunda.(hnm)

 Artikel: kontakperkasa futures.