Tips Merawat Cat Motor ModifikasiKontakPerkasa Futures, Kala Anda memodifikasi cat, kendaraan tunggangan akan terlihat kinclong dan baru. Namun agar awet, sapuan cat itu membutuhkan perawatan ekstra. Bila tidak, motor kesayangan akan segera terlihat kusam. Hingga uang pengecetan akan terbuang percuma.

Menurut Jawari, pemilik bengkel Jawari Motor, perawatan cat motor modifikasi tidaklah sulit. Malah tergolong sangat sederhana. Anda hanya perlu mencucinya dengan benar, yakni menggunakan sampo. Lanjutkan pemolesan dengan cairan khusus pengilap cat ke bagian sayap, bodi, dan kepala motor. Anda bisa melakukan pemulasan itu dengan kain halus atau kanebo.

“Saat mencuci motor, hindari penggunaan sabun colek atau deterjen, sebab akan memudarkan warna cat,” kata Jawari.

Jangan pula terlalu sering menggunakan zat kimia atau cairan pengilap rona cat. Karena cairan itu malah akan mengikis lapisan cat motor dan mempengaruhi warna custom desain menjadi kusam. Pelitur motor pun bisa menjadi pudar.

Pemilik motor, kata dia, harus mencuci motor seminggu sekali agar cat tetap mengilap dan terlihat cerah. Jika lalai, tampilan pewarna akan terlihat pudar. Seperti berjamur. “Tapi mencucinya jangan setiap hari, sebab akan memudarkan warna cat juga,” ujar Jawari.

Bila pelitur terlanjut pudar, Anda bisa mengembalikan kilaunya dengan sentuhan sampo serta cairan pengilap motor. Dan bila Anda rajin membasuh motor setiap sepekan sekali, warna akan kembali mengilap.

Selain rajin mencuci, motor pun mesti terparkir di lokasi yang teduh atau tidak langsung terkena sengatan matahari. Tujuannya agar warna cat motor modifikasi tetap terjaga. Sementara kala hujan, Jawari menyarankan si pengendara segera menepikan motornya. Jangan memaksa menerabas guyuran air langit.

“Karena air hujan mengandung zat asam yang tinggi yang dapat merusak warna cat,” ujar Jawari. “Bila terlanjur terkena hujan, segeralah cuci motor Anda.” (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.