Toyota Pangkas Perkiraan Laba, Bursa Saham Asia MelemahBursa saham Asia melemah, memperpanjang penurunan mingguan pada indeks acuan regional tersebut, akibat saham perusahaan penghasil bahan mentah dan barang konsumen menurun dan laba Toyota Motor Corp. yang juga diperkirakan akan turun.

Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.1% ke level 137.50 pukul 9:02 pagi waktu Tokyo, pada laju penurunan pekan ini sebesar 0.7%, menjelang pembukaan bursa saham Hong Kong dan China. Pasar ekuitas terbesar di Asia, seperti Hong Kong dan Jepang telah mengalami penurunan tajam dari 24 bursa saham di negara maju seperti yang dimonitor oleh Bloomberg sepanjang tahun 2014 ini ditengah kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi China yang sedang melemah dan penguatan yen.

Indeks Topix Jepang melemah 0.3%, dengan lebih dari 300 perusahaan akan merilis laba pada hari ini. Toyota, yang merupakan perusahaan pembuat mobil terbesar di dunia, labanya diperkirakan akan turun dibanding dengan rekor laba tahun lalu akibat permintaan yang menurun di Jepang, kompetisi yang ketat dan penguatan yen.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0.1%. Indeks S&P/ASX 200 Australia melemah 0.3% dan Indeks NZX 50 Selandia Baru tergelincir 0.1%.

Kontrak berjangka pada Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0.1% dan kontrak pada Indeks Hang Seng China Enterprises catat gain 0.2%.

 Artikel: kontakperkasa futures.