UEFA Ubah Aturan Terkait Akumulasi Kartu Kuning di Kompetisi EropaNyon – UEFA menetapkan aturan baru terkait akumulasi kartu kuning di Liga Champions dan Europa League mulai musim depan. Kartu kuning yang didapat para pemain akan dihapus setelah melewati babak perempatfinal masing-masing turnamen.

Aturan yang berlaku mulai musim 2014/15 itu diputuskan oleh Panel Darurat UEFA atas rekomendasi Komite Kompetisi Klub UEFA. Aturan ini nantinya juga akan diberlakukan dalam Piala Eropa 2016 di Prancis.

Biasanya UEFA akan menjatuhkan hukuman larangan bermain satu laga jika si pemain sudah mengumpulkan tiga kartu kuning, yang terakumulasi sejak fase grup hingga semifinal.

Dengan aturan tersebut, pemain yang mengoleksi satu kartu kuning atau lebih akan mendapat penghapusan apabila timnya lolos dari babak delapan besar. Di babak semifinal, semua pemain bersih dari kartu kuning.

Sebelumnya, para pemain yang sudah mengumpulkan dua kartu kuning akan absen di laga final jika dia mendapatkan satu kartu kuning di semifinal

Hal ini pernah terjadi pada musim lalu ketika Xabi Alonso menerima kartu kuning di leg kedua semifinal melawan Bayern Munich. Gelandang Real Madrid ini absen menghadapi Atletico Madrid dalam partai final di Stadion Da Luz, Lisbon.

“Mulai musim ini, semua kartu kuning dari awal fase grup akan dihapus setelah tuntasnya babak perempatfinal. Jumlah kartu kuning tidak akan dibawa sampai semifinal,” tulis UEFA dalam situs resminya.

Artikel: kontakperkasa futures.