PT KONTAK PERKASA  – Chapecoense sedang membangun timnya lagi setelah beberapa waktu lalu ditimpa musibah kecelakaan pesawat. Klub Brasil itu sedang melakukan proses seleksi pemain.

Sebagian besar pemain Chapecoense tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh di Cerro Gordo, La Union, Kolombia, 28 November lalu. Mereka ditimpa musibah dalam perjalanan menuju markas Atletico Nacional untuk laga leg pertama final Copa Sudamericana.

Ada tiga pemain Chapecoense yang selamat dari kecelakaan tersebut, yakni bek tengah Neto, full-back Alan Ruschel, dan kiper cadangan Jackson Follmann. Neto dan Ruschel mungkin akan main lagi setelah kondisinya pulih, sementara Follmann terpaksa pensiun lantaran kakinya harus diamputasi.

“Pada musim ini, tak ada pemain yang akan memakai nomor punggung yang digunakan oleh Jackson Follmann, Neto, atau Alan Ruschel,” jelas Direktur Sepakbola Chapecoense, Rui Costa, seperti dikutip Sky Sports.

“Lebih dari sekadar penghargaan, kami mengharapkan Alan dan Neto untuk kembali dan memakai nomor punggung itu lagi. Sayangnya Follmann tak akan bisa, tapi dia pastinya akan kembali ke sini dan bersama kami dalam kapasitas tertentu. Yang bisa memakai jersey itu hanya mereka,” kata Costa.

Pada musim ini, Chapecoense juga akan berlaga di Copa Libertadores. Mereka akan mengawali musim dengan menghadapi Joinville di kandang sendiri pada 26 Januari mendatang.

Chapecoense beberapa waktu lalu telah menunjuk Vagner Mancini sebagai pelatih baru untuk menggantikan Caio Junior yang menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat. Mereka juga melakukan seleksi pemain untuk membangun tim lagi. Chapecoense mendapatkan tawaran pinjaman pemain dari klub-klub Brasil lainnya.

“Kami sedang memilah-milah lagi banyak tawaran pinjaman. Itu adalah alat untuk menyatukan kualitas, kecepatan, dan anggaran. Banyak klub yang menjadi mitra dalam hal ini,” jelas Costa.

“Kami mengamati 90 pemain, lalu memangkasnya menjadi 50, dan akhirnya kami punya daftar 38 pemain. Kami punya tim yang siap untuk memulai latihan pramusim. Kami mungkin akan punya 25-27 pemain,” katanya.

Chapecoense akan memulai latihan pramusim pada Jumat (6/1) mendatang. Selain diikuti pemain-pemain baru dan pemain-pemain junior, latihan juga akan diikuti oleh pemain-pemain yang tak ikut dalam penerbangan maut ke Kolombia. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA