Vinales Ingin Segera Putuskan Tetap di Suzuki atau Pindah ke Yamaha KontakPerkasa Futures, Maverick Vinales ingin segera memutuskan soal masa depannya. Ia juga mengakui hasil di Jerez lalu sudah membuatnya berpikir.

Saat ini Vinales sedang dihadapkan pada dua pilihan untuk musim depan; bertahan di Suzuki Ecstar atau menempati posisi yang akan ditinggalkan Jorge Lorenzo di Movistar Yamaha.

“Saya ingin menjernihkan segalanya secepat mungkin karena Lorenzo sudah membuat keputusan dan sekarang saya pikir penting giliran saya (untuk memutuskan) dan berkonsentrasi ke balapan,” ujar Vinales seperti dilansir Crash.net.

Pernyataan itu dilontarkan rider Spanyol 21 tahun tersebut setelah finis keenam di Jerez, di belakang Aleix Espargaro yang jadi rekan satu timnya. Balapan sendiri dimenangi oleh Valentino Rossi dan Lorenzo, sebuah finis 1-2 untuk Movistar Yamaha.

Apakah hasil tersebut bisa mempengaruhi pertimbangannya untuk memutuskan? “Sudah pasti. Itu sudah pasti membuat saya berpikir, kan?” tuturnya.

“Karena ketika Anda melihat finis satu-dua (Yamaha), kemudian saya dan Aleix berada di posisi lima dan enam, Anda akan jadi berpikir. Tapi saya percaya pada Suzuki dan saya yakin mereka masih bisa memperlihatkan hasilnya kepada saya,” sebut Vinales.

Di Jerez berhembus rumor bahwa tawaran awal Yamaha kepada Vinales dinilai terlalu rendah dan Suzuki sudah memberinya penawaran lebih baik dalam aspek finansial. Negosiasi juga dibuat jadi lebih rumit dengan adanya pergantian manajer Vinales.

Pun demikian, banyak yang meyakini kalau Vinales akhirnya akan bergabung dengan Yamaha. Itu terkait komentar-komentarnya bahwa hasil adalah faktor yang terpenting. Ia juga disebut-sebut antusias menimba ilmu dari Rossi–juara dunia grand prix sembilan kali.

Jika nantinya Vinales pergi maka salah satu rider Ducati yang bakal digeser Lorenzo, Andrea Iannone atau Andrea Dovizioso, digadang-gadang bakal menjadi pengganti potensial di Suzuki. Sebaliknya kalau Vinales memilih bertahan maka Dani Pedrosa dari Repsol Honda kabarnya bakal jadi “Rencana B” untuk diduetkan dengan Rossi di Yamaha. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.