PT KONTAK PERKASA FUTURES – Pep Guardiola akan butuh waktu di Manchester City, tapi nantinya ia akan bikin seluruh pemain jadi lebih oke. Begitu menurut Xabi Alonso yang sebelum ini sempat ditangani Guardiola di Bayern Munich.

Alonso sudah menghabiskan dua musim di bawah arahan Guardiola di Bayern, di antaranya menyabet dua titel Bundesliga dan satu titel DFB-Pokal.

Musim panas ini Guardiola akan menangani City. Mengingat ambisi besar The Citizens, mantan entrenador Barcelona itu diharapkan langsung memburu trofi.

“Saya tak ragu ia akan mampu memperlihatkan bagaimana gaya sepakbolanya dan bagaimana ia mau timnya bermain,” ucap Alonso di Soccerway.

“Sudah pasti itu akan butuh waktu tapi caranya sedemikian menyeluruh. Ia pekerja keras yang penuh daya analitis dan akan mampu mengatasinya. Premier League amatlah berbeda dengan Bundesliga dan La Liga. Kecepatannya tak sama dan secara fisik juga amat berbeda, tapi mungkin saja juga sudah berubah banyak sejak era saya di sana.

“Sudah pasti ia butuh beradaptasi di partai-partai tertentu. Sedari masa-masa saya di sana, saya ingat kalau Anda harus berpikir beda ketika menyambangi markas tim-tim seperti West Brom, Stoke, dan Sunderland,” tuturnya.

Alonso sendiri, yang sempat merumput di Premier League dengan Liverpool, tidak ragu Guardiola pada akhirnya akan mampu membawa City melampui pencapaian musim lalu ketika finis keempat di liga. Ia juga menyebut polesan Guardiola akan bikin para pemain City kian jempolan.

“Latihannya amat beda dan para pemain harus terbiasa dengan kegemarannya bicara dengan para pemain. Ia ingin memberikan modal agar pemain jadi lebih baik dan bagian darinya adalah mengantisipasi apa yang akan terjadi dalam laga. Ia ingin Anda lebih berpikir mengenai permainan,” beber Alonso.

“Dalam dua tahun ia sudah mengajari saya sedemikian banyak hal dan ia membuat Anda lebih memahami mengenai permainan ini. Saya belajar banyak hal darinya, dan jika para pemain City berpikiran terbuka dan mendengarkan Pep maka mereka juga akan belajar saat bermain untuknya dan menjadi pemain yang lebih baik berkat itu,” sebutnya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES