Yang Tersisa di Pekan Terakhir Premier League KontakPerkasa Futures, Kecuali Leicester City, delapan klub teratas klasemen Premier League masih berjuang habis-habisan di pekan pamungkas Premier League. Mereka mengejar tiket kompetisi Eropa.

Leicester sudah menjadi juara, sementara Newcastle United, Norwich City, dan Aston Villa juga harus menerima takdir terdegradasi ke Divisi Championship musim depan. Kompetisi sepertinya sudah berakhir, tapi pekan 38 Premier League masih menyisakan sangat banyak persaingan untuk dimenangkan pada Minggu (15/5/2016) lusa.

Posisi dua hingga delapan masih mungkin megalami perubahan. Itu artinya siapa pemilik tiket ke kompetisi Eropa masih bisa berubah. Sampai sejauh ini, yang sudah bisa dipastikan adalah tiga klub yang akan lolos ke Liga Champions, yakni Leicester, Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Ada dua klub tersisa yang memperebutkan tiket ke Liga Champions, mereka adalah Manchester City dan Manchester United. Sementara menuju Liga Europa ada empat klub yang masih saling sikut.

Posisi Runner Up dan Lolos Otomatis ke Liga Champions

Tottenham (posisi 2/poin 70) punya peluang besar merebut status runner up, itu akan mereka raih jika bisa menundukkan Newcastle United. The Lilywhites sebenarnya cukup dapat hasil imbang dalam laga itu, karena kalaupun di laga lain Arsenal (3/68) menang maka keduanya akan punya poin sama. Saat ini Spurs punya keunggulan selisih gol dibanding rival sekotanya itu (+38 : +25).

Di Emirates Stadium, The Gunners diyakini akan meraih kemenangan saat menjamu Aston Villa.

Posisi Tiga dan Lolos Otomatis ke Liga Champions

Jika Arsenal sampai kalah dari Villa, maka mereka terancam turun ke urutan empat klasemen. Itu bisa terjadi jika di laga lain Manchester City (4/65) meraih kemenangan saat bertamu ke Swansea City.

Jika skenario itu terjadi, City dan Arsenal akan punya poin sama 68. Tapi Sergio Aguero dkk lebih unggul dalam selisih gol (+30 : +25)

Posisi Empat dan Tiket ke Fase Kualifikasi Liga Champions

Manchester City harus menang jika ingin lolos ke Liga Champions musim depan. Jika kalah maka mereka berpeluang disusul oleh Manchester United (5/63).

The Red Devils akan berhadapan dengan Bournemouth di laga terakhirnya musim ini. Malang buat MU, dengan saat ini kalah selisih gol (+30 : +12) mereka akan gagal lolos ke Liga Champions bahkan jika City cuma berimbang dengan Swansea.

Menuju Liga Europa

Perebutan tiket ke Liga Europa sedikit lebih rumit lagi karena setidaknya ada empat tim yang berpeluang lolos dari hasil klasemen akhir, hal mana dipengaruhi juga oleh hasil final Piala FA yang mempertemukan MU dengan Crystal Palace.

Berikut permutasinya, seperti dikutip dari Eurosport:

Manchester United – Duduk di posisi lima klasemen, The Red Devils akan lolos ke Liga Europa jika bisa bertahan di sana. Cara lain buat skuat Louis van Gaal masuk kompetisi nomor dua di Eropa itu adalah finis keenam atau mengalahkan Palace di final Piala FA. Jika MU finis kelima dan juga memenangi Piala FA, maka posisi tujuh klasemen akan lolos ke Liga Europa.

West Ham The Hammers akan lolos ke Liga Europa jika mereka menundukkan Stoke City dan MU kalah atau bermain imbang saat bertemu Bournemouth, dengan skenario itu maka West Ham akan berada di posisi lima. Jika MU kalah dan West Ham imbang, maka siapa yang berhak atas posisi lima dan tiket ke Liga Europa akan ditentukan dengan selisih gol. MU saat ini +12, sementara West ham +15.

Southampton – Southampton harus mengalahkan Palace untuk menjamin didapatnya posisi tujuh klasemen. Posisi tujuh klasemen bisa dapat tiket ke Liga Europa dari alokasi yang sebenarnya didapat juara Piala Liga Inggris – di mana pemenangnya adalah Manchester City dan sudah dapat tiket Eropa ke Liga Champions. Tapi itu juga harus disertai kekalahan Palace atas MU di final Piala FA, karena jika Palace memenangi Piala FA maka mereka yang akan lolos ke Liga Europa.

Soton bisa memastikan lolos jika mereka minimal finis keenam. Skenario yang memungkinkan terjadi jika mereka menang dan West Ham kalah.

Liverpool: Meski berada di posisi delapan, Liverpool masih berpeluang lolos ke Liga Champions jika mereka bisa mengalahkan Sevilla di Liga Europa. Jika mereka kalah dalam laga tersebut, The Reds masih bisa lolos ke Liga Europa, asalkan menuntaskan musim di atas Southampton. Tapi itu juga tidak akan terjadi jika Palace menjuarai Piala FA.

Demi bisa benar-benar menjamin didapatnya tiket ke Liga Europa, The Reds harus finis di urutan enam. Hasil yang akan diraih jika bisa menundukkan WBA dan di laga lain West Ham dan Southampton kalah.

Catatan: Soal Jatah Inggris ke Kompetisi Eropa

Mulai musim 2009/2010, empat besar klasemen akhir Premier League lolos ke Liga Champions. Tiga klub teratas lolos langsung ke fase grup sementara posisi empat masuk fase playoff. Tim penghuni posisi empat harus memenangi pertandingan dua leg babak playoff untuk bisa masuk fase grup.

Tim penghuni posisi lima klasemen akan lolos otomatis ke Liga Europa. Tiket ke Liga Europa juga akan didapat oleh klub yang menjuarai Piala FA serta Piala Liga Inggris.

Namun jika pemenang Piala FA dan Piala Liga Inggris sudah dapat tiket ke Eropa dari posisi klasemen akhir (1-5) maka jatah tersebut dialokasikan pada penghuni posisi enam dan tujuh. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.