Yann Sommer Bikin Les Bleus Frustrasi Kontak Perkasa Futures, Prancis gagal menyapu bersih laga di fase grup usai diimbangi Swiss. Hasil ini tak lepas dari kegemilangan kiper Swiss, Yann Sommer, di bawah mistar.

Prancis sebenarnya tak punya kepentingan besar saat menghadapi Swiss di Stade Pierre Mauroy, Lille, Senin (20/6/2016) dinihari WIB tadi. Mereka sudah memastikan lolos dan hanya perlu satu poin untuk memastikan diri jadi juara grup.

Pelatih Didier Deschamps hanya melakukan beberapa perubahan dalam susunan timnya. Meski demikian, masih ada nama Paul Pogba, Kingsley Coman, dan Antoine Griezmann di dalam tim.

Prancis tetap tampil dominan meski kalah penguasaan bola dari Swiss, yakni 42 persen berbanding 52 persen. Les Bleus punya 14 attempts dengan empat yang on goal. Sementara, Swiss cuma punya enam attempts tanpa satu pun yang tepat sasaran.

Namun usaha Prancis untuk bikin gol sia-sia karena Sommer tampil gemilang mengawal gawang Swiss. Tercatat ada empat saves dibuat Sommer, dua di antaranya adalah peluang-peluang dari Pogba di babak pertama serta menepis sepakan voli Dimitri Payet di babak kedua.

Tak cuma itu, Sommer juga sigap membaca arah bola yang datang ke kotak penalti Swiss. Hingga 90 menit laga berakhir tak satupun gol yang bersarang di gawangnya dan Sommer pun berhak atas gelar Man of The Match dari UEFA.

“Kami sangat senang, tentunya hebat untuk Swiss bisa berada di babak 16 besar turnamen seperti ini. Kami pantas untuk lolos dari grup seperti ini; kami bermain baik hari ini, kami juga sedikit beruntung,” ujar Sommer di stus resmi UEFA.

Swiss pun berhasil lolos ke babak 16 besar dan tinggal menunggu lawan dari runner-up Grup C yang masih bisa diisi oleh Jerman, Polandia, atau Irlandia Utara.

“Saya tidak mau pilih-pilih lawan di babak 16 besar – kami belum mau memikirkan apa yang akan terjadi setelah ini. Kini kami punya sepekan untuk istirahat, pekan yang sedikit lebih mudah – dan kita akan lihat siapa lawan kami berikutnya,” sambungnya. (hnm)

Artikel: kontak perkasa futures.