Yellen Picu Optimisme Ekonomi, Bursa Asia Gain Untuk Hari Ke-6Bursa saham Asia naik, dengan indeks acuan regional tersebut perpanjang gain tertingginya pada tahun ini, sejalan dengan komentar daro Ketua Federal Reserve Janet Yellen mendorong optimisme mengenai ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0.4% ke level 135.46 pada pukul 9:03 pagi di Tokyo, naik untuk hari keenamnya. Indeks acuan tersebut telah mengalami kenaikan sebesar 4.1% dari level lima bulan terendahnya pada tanggal 4 Februari lalu. Laju pertumbuhan ekonomi AS telah mendongkrak dan telah ada pemulihan ekonomi yang meluas pada bursa tenaga kerja, menurut Yellen kemarin.

Sebuah laporan mengenai perdagangan China yang akan dirilis pada hari ini diperkirakan akan menunjukkan bahwa pertumbuhan ekspor di bulan Januari lalu menurun sebesar 0.1% dari awal tahun, berdasarkan apda estimasi rata-rata dari 43 analis pada sebuah survei Bloomberg. Hal itu dibanding dengan kenaikan sebesar 4.3% di bulan Desember lalu. Pertumbuhan impor turun sebesar 4% dari 8.3%, berdasarkan apda sebuah survei terpisah.

Indeks acuan Asia-Pacific tersebut turun sebesar 4.6% di bulan Januari lalu untuk awal performa terburuknya sejak tahun 2009 lalu ditengah kekhawatiran mengenai pemangkasan stimulus Federal Reserve, penurunan ekonomi China dan volatilitas pada bursa di Negara-negara berkembang. Ekuitas global turun dari tertingginya di tahun 2014 ini sebesar $3 triliun pada tanggal 4 Februari lalu dan telah turun sebesar $1.4 triliun, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

 Artikel: kontakperkasa futures.