PT KONTAK PERKASA FUTURES – Yen dan Aussie tertekan sedikit lebih lemah, Rabu (10/8) di sesi Asia menjelang set data pesanan mesin di Jepang dan perumahan di Australia.

USD/JPY bergerak ke 101,90, naik 0,02%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7670, turun 0,03%.

Di Jepang, pesanan mesin inti raih keuntungan 3,1% terlihat bulan-ke-bulan dan penurunan 4,2% diharapkan tahun-ke-tahun. Serta angka PPI tiba dengan penurunan 4,0% terlihat tahun-ke-tahun.

Di Australia, indeks sentimen konsumen Westpac naik untuk bulan Agustus dengan penurunan 3,0% pada bulan sebelumnya, bersama dengan pinjaman rumah untuk bulan Juni dengan 2,4% kenaikan diharapkan pada bulan-ke-bulan dan pembiayaan perumahan investasi untuk bulan Juni dengan keuntungan 3,9% di bulan sebelumnya. Kemudian di hari ini, Gubernur Reserve Bank of Australia Glenn Stevens akan berpidato.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 96,06.

Semalam, dolar bergerak melemah terhadap mata uang utama lainnya, namun tetap terdukung oleh laporan pekerjaan AS yang kuat Jumat lalu, sementara investor mengalihkan perhatiannya pada data penjualan ritel AS Jumat(12/8) untuk melihat indikasi lebih lanjut pada kekuatan ekonomi negara tersebut.

Greenback tetap terdukung secara luas setelah laporan optimis upah pekerjaan AS Jumat lalu mendorong ekspektasi kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve sebelum akhir tahun.

Sebelumnya Selasa, data awal menunjukkan bahwa produktivitas non pertanian AS turun 0,5% di kuartal kedua, mengecewakan harapan untuk kenaikan 0,4%, setelah tergelincir 0,6% dalam tiga bulan hingga Maret. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES