PT KONTAK PERKASA FUTURES – Yen tertahan sedikit lebih lemah di sesi Asia pada hari Jumat dalam satu hari data regional yang sedikit dengan pasar secara luas terus menilai kondisi pelonggaran moneter global hingga akhir tahun, termasuk Federal Reserve.

USD/JPY berpindah ke 100,85, naik 0,10%, sedangkan AUD/USD diperdagangkan pada 0,7650, naik 0,09%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 95,31.

Semalam, dolar memperpanjang kerugian terhadap mata uang utama lainnya, karena keputusan Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan kebijakan pada hari Rabu terus mengurangi permintaan untuk greenback.

Selain itu, The Fed memangkas jumlah kenaikan ekspektasi suku bunga di tahun ini menjadi satu dari dua dan proyeksi kenaikan suku bunga yang kurang agresif di tahun depan dan 2018. Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com menunjukkan investor melihat kesempatan 10.3 untuk kenaikan suku bunga pada bulan November, naik hanya di atas 57% pada bulan Desember.

Namun, bank sentral AS mengisyaratkan bahwa dapat mengetatkan kebijakan moneter sebelum akhir tahun jika pasar tenaga kerja terus membaik.

Pasar mengabaikan laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan bahwa klaim pengangguran awal pada pekan yang berakhir 17 September mengalami penurunan sebesar 8.000 untuk 252.000 dari total pekan sebelumnya sebesar 260.000. Ini merupakan level terendah sejak Juli.

Para analis telah memperkirakan klaim pengangguran naik 2.000 menjadi 262.000 pekan lalu.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa penjualan rumah lama AS mengalami penurunan sebesar 0,9% pada bulan Agustus menjadi 5,330 juta unit dari 5,38 juta unit pada bulan Juli. Perkiraan konsensus adalah naik 1,1% menjadi 5,45 juta unit.

Pasar masih mencerna keputusan Bank of Japan untuk menahan diri dari pemotongan suku bunga lebih jauh ke wilayah negatif atau memperluas program pembelian aset pada hari Rabu, bukannya beralih dalam menargetkan suku bunga sebagai cara untuk mencapai target inflasi. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES