Yen Menguat, Saham Asia Pangkas KenaikanYen menguat terhadap sebagian besar rekan utama setelah Jepang mempercepat inflasi,. Saham Asia memangkas kenaikan bulanan tertajam sejak September lalu, sementara emas memimpin kenaikan di logam mulia.

Yen menguat 0,3% ke level 101,52 per dolar pada pukul 11:38 pagi di Tokyo dan naik 0,2% terhadap euro. Indeks MSCI Asia Pacific tergelincir 0,1%, memangkas kenaikan pada bulan Mei menjadi 3,4%. Indeks berjangka Standard & Poor 500 turun 0,2% setelah indeks AS menguat sebanyak 0,5% ke rekor. Emas naik 0,2%, nikel naik 0,6% dan jagung melonjak 0,5%.

Pertumbuhan harga di Jepang tidak termasuk makanan segar naik menjadi 3,2% pada April, naik dari 1,3% pada bulan Maret dan mengalahkan estimasi rata-rata dalam survei Bloomberg sebesar 3,1%, setelah peningkatan pajak penjualan. Anggota Dewan Sayuri Shirai kemarin mengatakan bahwa pelonggaran belum pernah terjadi sebelumnya BOJ bisa bertahan melampaui tahun depan dan optimisme bank bahwa inflasi akan mencapai target pada tahun fiskal 2015.

Artikel: kontakperkasa futures.