Yen Menguat, Tekan Bursa Saham Jepang MelemahBursa saham Jepang melemah, Indeks Topix menuju pelemahan tajam dalam lebih dari 3 pekan terakhir, akibat yen menahan gain dan bursa saham telah dibuka kembali pasca libur nasional selama 2 hari.

Indeks Topix melemah 1% ke level 1,170.84 pukul 9:01 pagi waktu Tokyo setelah 1 dari 33 grup industri tergelincir. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 1.1% ke level 14,293.53. Yen tergelincir 0.1% ke level 101.75 per dollar setelah sebelumnya mencapai level tertingginya sejak 15 April lalu.

AS telah mengancam sanksi terhadap Russia akibat negara tersebut meminta Ukraina untuk menunda pemilihan presiden tanggal 25 Mei mendatang ditengah konflik. Kemarin OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global akibat pertumbuhan ekonomi China dan ekonomi di emerging markets yang juga melambat.

Pekan lalu Indeks Topix melemah 9.2% sepanjang tahun 2014 ini, pelemahan tajam diantara bursa saham di negara maju lainnya yang dimonitor oleh Bloomberg, hal itu akibat para investor mengkaji apakah Perdana Menteri Shinzo Abe dan bank sentral akan berhasil pada upayanya dalam mendorong pemulihan ekonomi.

Mayoritas anggota Bank of Japan menyetujui untuk mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter hingga inflasi stabil pada angka 2%, hal itu berdasar hasil pertemuan bank sentral bulan April yang dirilis hari ini.

 Artikel: kontakperkasa futures.