4Yen jatuh ke level tujuh tahun terendah dan imbal hasil dua tahun obligasi pemerintah Jepang turun di bawah nol pasca data menunjukkan tingkat belanja rumah tangga di Jepang menurun dan melambatnya inflasi.

Yen melemah karena imbal hasil dengan tenor dua tahun turun menjadi negatif untuk pertama kalinya. Euro menuju penurunan pertama dalam empat hari terakhir jelang laporan hari ini yang diperkirakan akan menunjukkan inflasi di zona eropa sesuai dengan laju paling lambat sejak 2009 lalu, menambah tekanan pada BOE untuk meningkatkan stimulus. Sementara Aussie jatuh, sedangkan Norwegia krone dan dolar Kanada memperpanjang penurunan setelah anggota OPEC mempertahankan target output minyaknya untuk tidak berubah.

Yen jatuh 0,4% menjadi 118,17 per dolar, pada 11:21 siang di Tokyo, mendekati level terendah tujuh tahun 118,98 yang dicapai pekan lalu. Mata uang Jepang turun 0,3% menjadi 147,27 per euro. Dolar diperdagangkan pada level $ 1,2463 dari level $ 1,2467 kemarin terhadap mata uang bersama.

Imbal hasil utang dengan tenor dua tahun Jepang turun satu basis poin, atau 0,01% poin, menjadi minus 0,005%.

Ekonomi Jepang secara tak terduga tergelincir ke dalam resesi menyusul kenaikan pertama pada pajak penjualan sejak tahun 1997 pada bulan April. Data hari ini menunjukkan pengeluaran rumah tangga turun untuk bulan ketujuh pada bulan November, penjualan ritel merosot 1,4%, melampaui perkiraan rata-rata para analis dalam survei Bloomberg News.

 Artikel: kontakperkasa futures.